Sakit gigi - gejala, penyebab dan cara pencegahannya.


Gigi merupakan komponen penting dalam proses pencernaan makanan didalam tubuh. Ketiadaan satu bagian gigi akan membuat proses pencernaan makanan didalam mulut kurang maksimal, sehingga makanan masih cukup besar ketika masuk kedalam tubuh melalui organ - organ yang lain seperti kerongkongan, yang dimana makanan dari mulut melewati kerongkongan saat menuju lambung, dan lambung yang akan bekerja lebih ekstra dalam melebur dan mencerna makanan tersebut.

Disini kami akan mengulas hal-hal yang berkaitan dengan gigi, sakit gigi, bahaya serta penanganannya.

Pengertian Gigi

Gigi merupakan struktur keras yang terdapat di dalam rongga mulut manusia dan hewan vertebrata yang berfungsi menggigit, merobek dan mengunyah makanan.

Sakit Gigi

Bagi anda yang merasakan sakit ngilu saat makan dan minum minuman yang manis seperti coklat, kopi serta minuman dingin ataupun panas bisa jadi itu adalah gejala sakit gigi.

Sakit Gigi adalah kondisi dimana munculnya rasa nyeri pada rahang dan pada bagian gigi yang pada umumnya dirasakan ketika meminum minuman yang panas atau dingin. Rasa sakit ini akan sering timbul dengan rasa ngilu dibagian yang sakit.

Sakit gigi akan membuat penderitanya kesulitan dalam beraktivitas, mudah marah, ngilu sampai kepala, dan juga bisa memancing penyakit yang lainnya seperti bau mulut (helitosis), gangguan periodontal, penyakit jantung, gangguan pernapasan serta gangguan disfungsi seksual.

Bau mulut (helitosis) adalah bau yang timbul akibat sisa - sisa makanan yang berada di sela - sela rongga gigi yang jarang dibersihkan. Bahan - bahan kimia yang berada di rongga gigi bisa mengakibatkan bau mulut, sakit gigi hingga gigi berlubang. Kalau giginya berlubang maka munculah bau mulut tersebut.

Gigi berlubang sering terjadi pada anak - anak serta orang dewasa yang dikarenakan  bakteri dan sisa makanan didalam mulut kurang sering dibersihkan. Bakteri dan sisa makanan tersebut lama kelamaan akan mengikis struktur gigi yang cukup keras menjadi berlubang. Sehingga pengertian dari gigi berlubang adalah kondisi dinding gigi yang mengalami pengikisan bagian luar (email) hingga bagian dalam gigi (dentin) sampai membuat lubang dibagian gigi.

Gigi sebenarnya adalah tulang. Pengertian dari periodontal sendiri adalah daerah sekitar rongga mulut sedangkan gangguan periodontal adalah kerusakan pada sekitar rongga mulut yang menyebabkan kerusakan pada tulang/gigi tersebut yang bisa membuat gigi/tulang copot.



Gangguan Jantung, Gangguan pernapasan serta Gangguan Disfungsi Seksual. kok bisa?

Hal ini disebabkan oleh bakteri yang masuk kedalam gigi. Didalam gigi terdapat pembuluh darah yang mengalir keseluruh tubuh termasuk ke jantung. Jadi apabila terdapat bakteri yang masuk kedalam pembuluh darah, maka bakteri tersebut bisa sampai ke jantung yang mengakibatkan gangguan jantung, masuk ke dalam paru - paru yang mengakibatkan gangguan pernafasan termasuk juga bagian seksual sehingga akan mengakibatkan masalah yaitu disfungsi seksual. Selain itu, orang yang memiliki gangguan periodontal lebih beresiko dua kali lipat terkena penyakit jantung.

Sehingga, sangat dianjurkan melakukan pemeliharaan kesehatan gigi secara rutin dengan cara menggosok gigi serta memeriksakan ke dokter gigi apabila terjadi masalah pada gigi. Gigi berlubang pada umumnya tidak menimbulkan rasa nyeri di awal, sehingga orang - orang tidak sadar kalau giginya berlubang. Anak-anak serta ibu hamil akan mendapatkan perlakuan yang berbeda dalam penanganannya jadi sangat dianjurkan untuk pergi kedokter gigi.

Jika gigi berlubang tidak segera diatasi, lubang pada gigi akan semakin membesar, sehingga akan menimbulkan risiko infeksi, gigi busuk bahkan menyebabkan gigi tanggal.



Jadi, mari kita rawat kesehatan gigi dengan cara :

  1. Menggosok gigi secara rutin dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.
  2. Sesuaikan pasta gigi anda dengan masalah yang timbul didalam rongga mulut. Contohnya, untuk bau mulut bisa gunakan pasta gigi yang segar, untuk gigi sensitive gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitive, dll.
  3. Ganti pasta gigi anda secara rutin yaitu tiga bulan sekali atau saat sikat gigi sudah mulai rusak. Karena setelah tiga bulan bulu sikat gigi biasanya sudah mekar sehingga kurang efektif untuk membersihkan gigi.
  4. Sikat gigilah secara benar dengan menggunakan sikat gigi dengan tekanan yang lembut dan pelan - pelan. Karena dengan menggunakan tekanan yang kuat akan membuat sikat gigi mudah rusak serta menimbulkan masalah gusi.

Selain sikat gigi ada juga alat lain yang dapat digunakan, antara lain :


  1. Gunakanlah benang gigi untuk membantu membersihkan makanan disela - sela rongga gigi dengan cara yang benar.
  2. Gunakanlah obat kumur satu kali sehari dengan waktu kurang dari 30 detik. Jangan berkumur terlalu lama karena akan membunuh bakteri baik didalam rongga mulut, sedangkan bakteri baik sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan makanan dan sistem antibodi gigi.
  3. Gunakan tongue scraper untuk membersihkan lidah dari bakteri dan sisa makanan secara rutin agar terhindar dari infeksi dibagian lidah serta bau mulut. Karena struktur lidah seperti karpet yang banyak rongga - rongganya sehingga dapat membuat bakteri dan sisa makanan menempel disana.
  4. Gunakanlah permen karet yang tidak memiliki kandungan gula untuk membersihkan mulut dengan cara mengunyahnya. Karena mengunyah permen karet akan membuat reproduksi air liur meningkat, sedangkan air liur banyak mengandung zat antibodi yang mencegah terjadinya gigi berlubang.



Berkonsultasilah kedokter gigi saat terjadi masalah pada gigi untuk mendapatkan arahan dalam merawat dan memberikan vitamin serta kalsium yang sesuai dengan kebutuhan gigi anda.

Semoga kita sehat selalu dan terjaga dari penyakit pada bagian mulut, terutama pada gigi. Sekian artikel dari saya.




Terima kasih.




Subscribe to receive free email updates: