Manfaat dan Resiko Tidur siang Bagi Kesehatan

Kerap sekali kita merasakan kantuk pada siang hari yang kadang mengganggu aktivitas dan pekerjaan kita apalagi bagi orang yang dimalam hari kekurangan jam tidurnya. Pernahkah anda melampiaskan rasa kantuk tersebut dengan cara tidur?

Kesan pemalas bagi orang yang melakukan tidur siang sebenarnya kurang tepat. Karena sebetulnya kegiatan tidur siang bisa memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh terutama bagi orang yang kurang tidur pada malam harinya. Tetapi taukah anda bahwa ada resiko atau dampak negatif apabila kita tidur siang terlalu lama? 

Banyak orang - orang dewasa kurang memanfaatkan moment tidur siangnya karena disibukkan oleh pekerjaan dan juga pandangan sebagai pemalas tersebut. Padahal tidur siang akan membantu orang tersebut menjadi lebih kreatif dan produktif lagi dalam bekerja dan menjalankan aktivitasq.

Jika anda masih menganggap bahwa kebutuhan tidur siang hanya baik untuk anak - anak, bayi, orang lanjut usia serta orang sakit/kurang enak badan. Sebaiknya anda simak dahulu manfaat yang dapat kita rasakan ketika bisa mendapatkan moment tidur siang yang baik. 

Manfaat tidur siang antara lain :
  1. Meningkatkan relaksasi tubuh menjadi bugar kembali.
  2. Dapat menyimpan enegi untuk melakukan kegiatan selanjutnya.
  3. Bisa meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan selama kurang lebih 2 jam 30 menit.
  4. Meningkatkan daya ingat menjadi lebih tajam.
  5. Mengurangi resiko stress, sedih dan rasa bete.
  6. Meningkatkan IQ anak.
  7. Meningkatkan tumbuh kembang anak.
  8. Meningkatkan immune serta daya tahan tubuh.
  9. Meningkatkan kebugaran tubuh dimalam hari.

Seorang ibu harus menyadari bahwa ketika balita mulai aktif bergerak, maka mereka harus mulai memaksa anak untuk tidur siang. Karena ibu memahami bahwa banyak manfaat positif yang didapatkan anak dalam tumbuh kembangnya dari tidur siang. Seiring bertambahnya usia balita, jam tidur siang akan berkurang ataupun tidak tidur siang lagi. Namun untuk orang dewasa ternyata memiliki dampak negatif. Jadi, wajib gak sih tidur siang?

Baca Juga : Bahaya sakit gigi

Waktu yang dibutuhkan untuk tidur siang



"Pertanyaanya adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur siang?"


Waktu yang dibutuhkan untuk tidur siang pada dasarnya akan berbeda bagi anak - anak dan orang dewasa. Waktu tidur siang yang baik adalah sebagai berikut :

  1. Bagi orang dewasa lakukanlah tidur siang tidak lebih dari 30 menit. Jadi, pasanglah alarm agar saat anda tidur siang tidak lebih dari 30 menit. Aapbila sudah mencoba untuk tidur siang selama 15 menit tapi belum bisa tidur, maka bangunlah dan jangan melakukan tidur siang. Hal tersebut dikarenakan tubuh anda tidak siap untuk melakukan tidur siang.
  2. Bagi Bayi akan lebih baik dengan tidur siang yang lebih lama karena waktu tidur yang dibutuhkan oleh anak - anak antara 12 sampai dengan 16 jam. Bisa dilakukan 2 kali yaitu sebelum jam 12 siang dan jam 1 siang sampai dengan jam 3 sore. Agar tumbuh kembangnya lebih optimal.
  3. Bagi anak - anak bisa dilakukan antara jam 1 siang sampai dengan jam 3 sore dengan jangka waktu 30 sampai dengan 60 menit. Agar tidak membuat anak menjadi sulit tidur pada malam harinya.



Resiko atau dampak negatif dari tidur siang


Kurang tepatnya waktu yang digunakan pada saat tidur siang akan memberikan dampak negatif pada tubuh. Dampak negatif tersebut antara lain :
  1. Berlebihan dengan waktu yang digunakan untuk tidur siang akan membuat bayi atau balita susah tidur dimalam harinya.
  2. Resiko yang sering terjadi pada orang dewasa dengan tidur siang lebih dari 30 menit yaitu akan terkena slip inersia. Slip inersia adalah rasa canggung, bingung, pusing dan lelah berlebihan saat bangun tidur. Bahkan, tidur secara berlebihan pada orang dewasa akan meningkatkan resiko sindrom metabolik seperti hipertensi, gula darah meningkat, kolesterol naik bahkan sampai dengan 50 persen.



Jadi, apakah kita harus tidur siang?


Tidur siang akan memberikan dampak positif dengan pola tidur yang baik. Tetapi tidur siang juga akan memberikan dampak negatif kalau kita melakukannya dengan cara yang kurang tepat. Sehingga lakukanlah sebagai berikut :
  1. Manfaatkanlah moment tidur siang dengan porsi waktu yang baik karena banyak manfaat yang akan kita peroleh dari tidur siang.
  2. Jangan paksakan tidur siang apabila tubuh anda tidak membutuhkannya dengan tanda tidak bisa tidur walaupun sudah berusaha selama 15 menit.
  3. Lakukan posisi tidur yang baik.
Posisi tidur kurang baik
                                          

Posisi tidur yang baik


Posisi tidur yang baik adalah dengan menjulurkan anggota tubuh dengan cara berbaring agar menjaga kelancaran peredaran darah didalam tubuh sehingga tubuh lebih fresh dan memperoleh dampak positif lainnya dari tidur siang yang kita lakukan. Karena aktivitas tidur siang adalah kegiatan yang sehat jadi lakukanlah dengan cara yang baik dan benar agar terhindar dari dampak negatifnya. 


Subscribe to receive free email updates: