Cara Cek Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan


Semarang - Stimulus yang diberikan oleh pemerintah kepada para pekerja, karyawan serta guru honorer dengan pendapatan per bulan dibawah Rp 5 juta dipastikan bisa cair dengan syarat harus terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Stimulus tersebut berupa bantuan langsung tunai (BLT) sebesar 2.4 juta selama 4 bulan dengan rincian perbulannya mendapatkan Rp 600 ribu. Tetapi bantuan tersebut tidak bisa didapatkan oleh penerima setiap bulannya karena dari peraturan yang ada diketahui bahwa bantuan tersebut akan didapatkan 2 bulan sekali dengan nominal Rp 1.2 juta.

Dari rencana pemerintah, besar kemungkinan bantuan tersebut bisa didapatkan kurang lebih dua minggu lagi. Sebagaimana telah disampaikan oleh pemerintah, penerima bantuan tersebut hanya diberikan kepada karyawan swasta yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan serta aktif didalam program kepesertaan. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa data penerima bantuan yang diberikan kepada karyawan swasta didapat dari data BPJS Ketenagakerjaan. Tanpa adanya data tersebut, hanya akan membuat masalah dalam penyalurannya. "Kalau kita tidak punya nama dan alamat atau bahkan nomor accountnya akan sulit bagi pemerintah untuk membantu," ujar Menkeu Sri Mulyani beberapa waktu lalu. Pemerintah juga telah menambahkan jumlah penerima bantuan yang diperuntukankan bagi guru honorer dengan ketentuan menerima upah kurang dari Rp 5 juta per bulan.

Kemudian, bagaimana cara mengetahui bahwa kita termasuk sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan tanpa perlu datang kekantornya.

Kita bisa mengetahuinya melalui dua cara, yaitu:

1. Melalui aplikasi BPJSTKU

Apabila kita belum memiliki aplikasi BPJSTKU, maka kita bisa mendownloadnya terlebih dahulu di google playstore. Kemudian kita buka aplikasi tersebut dan mendaftar kalau sebelumnya belum pernah mendaftar. Lakukan pendaftaran tersebut dengan menggunakan akun gmail dan passwordnya. Setelah itu, pilihlah salah satu dari pilihan yang ada yaitu penerima upah, bukan penerima upah, atau pekerja migran Indonesia.

Untuk karyawan, maka kita bisa memilih yang penerima upah. Kemudian masukkan juga data diri sesuai yang ada di KTP serta nomor Hp aktif. Klik OK atau lanjut untuk mendapatkan pesan aktivasi yang dikirimkan melalui nomor Hp tersebut. Langkah terakhir yaitu masukkan kode aktivasi yang dikirimkan tersebut ke isian aplikasi BPJSTKU. 

Setelah semua proses telah kita lakukan, maka kita bisa login ke aplikasi untuk melihat status kepesertaan kita di BPJS Ketenagakerjaan. Apabila kita sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan maka bisa dipastikan kita termasuk penerima bantuan langsung tunai(BLT) dari BPJS Ketenagakerjaan.



2. Melalui situs web

Selain dari cara nomor satu diatas, kita bisa melihat status kepesertaan kita melalui link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dengan langkah yang sama dengan nomor satu.
Dalam suatu kesempatan, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah mengatakan bahwa bantuan langsung tunai(BLT) BPJS Ketenagakerjaan akan langsung ditransfer ke rekening pribadi pekerja. Dalam akun resminya, saat ini BPJS Ketenagakerjaan masih dalam proses pengumpulan data bagi peserta yang memenuhi kriteria melalui seluruh kantor cabang di Indonesia.


Selamat mencoba, semoga anda termasuk kedalam penerima bantuan langsung tunai(BLT) BPJS Ketenagakerjaa tersebut. 



Subscribe to receive free email updates: